Ternyata Sebelum Berkunjung ke Pelestina Menlu Retno Adakan Pertemuan Rahasia Dengan Israel. Apa Isinya,,?

TEL AVIV - Wakil Menteri Luar Negeri Israel, Tzipi Hotovely membeberkan versi lain dari larangan pada Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi ke Ramallah pekan lalu, Rabu (16/3).

Pada Knesset, Hotovely mengatakan, larangan itu karena Retno melanggar kesepakatan rahasia yang sebelumnya telah tercapai antara Indonesia dan Israel.

Menurut perjanjian itu, Retno juga akan berkunjung ke Yerusalem dan bertemu dengan pejabat-pejabat Israel selain berkunjung ke otoritas Palestina. Jika perjanjian benar adanya, itu adalah perjanjian untuk kunjungan pertama Menteri Luar Negeri Indonesia ke Israel.

Hotovely mengatakan, Direktur Divisi Asia Kemlu Israel Mark Sofer mengunjungi Jakarta secara rahasia beberapa hari sebelum Retno merencanakan perjalanan ke Palestina. "Di sana ada perjanjian yang jelas Retno akan berkunjung ke Ramallah, juga ke Israel dan bertemu dengan pejabat senior di Yerusalem," kata Hotovely, dikutip Haaretz.

Ia menambahkan, Retno telah melanggar kesepakatan dan memutuskan untuk melewatkan perjalanan ke Yerusalem.

"Ia paham ia telah melanggar peraturan yang sudah Israel tetapkan," katanya.

Hotovely mengakui, Indonesia tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan negaranya. Meski demikian, Israel sangat menghormati orang Indonesia dan pemimpinnya.

"Kami telah menjaga kontak dengan Indonesia dalam sejumlah isu dan mengambil langkah ke depan untuk meningkatkan hubungan sepanjang waktu," kata dia.

Hotovely mengatakan, setiap negara yang akan berkunjung ke Palestina harus mengunjungi Israel juga tanpa terkecuali, meski tidak memiliki hubungan diplomatik.

"Tidak ada pengecualian bagi Indonesia, setiap kunjungan oleh anggota senior komunitas internasional juga harus melalui Yerusalem," katanya.

Retno Membantah

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menegaskan, ia dan seluruh jajarannya tidak pernah melakukan pertemuan rahasia dengan Israel. Ia menegaskan, tuduhan Israel atas pertemuan rahasia itu tidak benar.

"Saya bisa tegaskan sekali lagi bahwa apa yang mereka sampaikan tentang pertemuan rahasia itu tak ada," ujar Retno saat ditemui Republika.co.id di kantor Menkopolhukam, Jakarta, Kamis (17/3).

Retno sendiri mengatakan, Pemerintah Indonesia tidak pernah melakukan komunikasi apa pun dengan Israel. Soal dugaan orang Israel yang diam-diam datang ke Indonesia sendiri, Retno mengaku, tidak tahu-menahu.

"Ya saya nggak tahu. Tapi, kan mereka mengatakan karena berhubungan dengan saya. Kemenlu tidak pernah, garis bawah tidak pernah!" ujar Retno dengan tegas. (acw)