Meninggalnya Pengawal Pribadi Khamenei Di Suriah

TEHERAN – Seorang perwira tinggi senior Iran yang bertugas melindungi pemimpin Revolusi Iran, Ayatollah Sayyed Ali Khamenei, dikabarkan tewas saat menjalani misi pelatihan di Suriah.

Fars Iran melaporkan Sabtu, Akbari, anggota unit pengamanan Khamenei, bagian dari Pengawal Revolusi Iran, tewas karena "kesalahan teknis" di senjata selama misi pelatihan.

Kantor berita Iran itu tidak menyebutkan dalam laporannya di mana ia terbunuh, namun sumber yang berafiliasi dengan oposisi Suriah mengatakan bahwa Akbari tewas di Suriah saat mengunjungi medan perang Aleppo untuk menyiapkan laporan yang komprehensif tentang pertempuran untuk Khamenei.

Berdasarkan informasi dari situs berita resmi Korps Pengawal Revolusi Islam Iran, prosesi pemakaman akan diadakan untuk Letnan Kolonel Hassan Akbari di Teheran pada Senin 2 Mei 2016.

Aktivis oposisi Suriah memuji kematian Akbari, mengklaim bahwa ia ditabrak oleh pemberontak di pinggiran Aleppo ini.

Humas Kantor Garda Revolusi Iran mengirim belasungkawa kepada Khamenei, yang menunjukkan bahwa Akbari adalah bagian dari eselon atas menjaga Pemimpin Tertinggi.

Unit pengawal Khamenei mencakup sekitar 10.000 orang, sementara hanya dua perwira senior di antara mereka, yang telah bekerja di unit selama 30 tahun, adalah pengawal pribadinya, yang berwenang untuk memasuki ruangan Khamenei dan menjaganya 24 jam sehari.(acw)