Anda Harus Tahu: Di AS, Membeli Obat Flu Lebih Susah Daripada Membeli Senjata

Penembakan di Orlando kembali memunculkan wacana larangan pembelian senjata api di Amerika Serikat. Pasalnya, membeli pistol atau senapan di negara itu dianggap semudah membeli permen.

Memang ada beberapa syarat membeli pistol, seperti pemeriksaan latar belakang dan waktu tunggu, namun hal itu tidak berarti banyak dalam mencegah seseorang mendapatkan senjata. Bahkan, persyaratan membeli obat flu lebih berat.

Berikut adalah hal-hal yang mendapatkan lebih sulit dibanding membeli pistol di Amerika, seperti yang dikutip dari CNN:

Obat flu

AS menerapkan batasan seberapa banyak obat flu yang bisa dibeli seseorang setiap bulannya. Hal ini karena obat flu mengandung pseudoephedrine, yang merupakan bahan utama pembuat sabu. Jadi, AS ingin memastikan agar obat flu tidak disalahgunakan.

Senjata: Tidak ada aturan negara bagian mana pun di AS yang membatasi seberapa banyak warga boleh membeli senjata api.

Surat izin mengemudi
Mendapatkan SIM di AS sangat sulit: Menyerahkan bukti identitas, lulus tes tertulis dan mata, berkendara dulu bersama pelatih selama beberapa minggu, harus lulus tes berkendara. Di beberapa negara bagian, seperti Maryland, warga memiliki masa percobaan selama beberapa bulan sebelum akhirnya mendapat SIM.

Senjata: Mendapatkannya di AS tidak perlu tes kecakapan atau ilmu pengetahuan. Bahkan tidak perlu ada izin membeli, kecuali di 13 dari 50 negara bagian, termasuk Washington D.C. Juga tidak ada masa percobaan.

Paspor

Untuk dapat paspor AS, harus membuktikan benar-benar warga AS, melengkapi dokumen, foto, dan waktu tunggu selama enam minggu.

Senjata: Toko senjata api apakah ada namamu di Sistem Pengecekan Latar Kriminal Instan Nasional FBI, jika tidak ada, beri uang ke kasir dan pistol didapatkan. Hanya memakan waktu beberapa menit. Jika beli senjata kepada orang lain, tidak melalui toko, bahkan tidak diperlukan pengecekan.

Perceraian

Di beberapa negara bagian AS, menunggu hingga perceraian dikabulkan pengadilan membutuhkan waktu hingga enam bulan.

Senjata: Tidak ada waktu tunggu untuk membeli senjata, baik langsung di toko atau online, kecuali di enam negara bagian saja. Namun waktu tunggu itu hanya sekitar beberapa hari.

Hewan peliharaan

Mereka yang ingin membeli kucing atau anjing peliharaan setidaknya harus berusia 21 tahun, menunjukkan kartu identitas dan ditanya soal beberapa hal pribadi. Untuk beberapa kasus adopsi hewan, petugas akan melakukan pengecekan rumah sebelum binatang diserahkan.

Senjata: Tidak ada pertanyaan pribadi. Tidak ada pengecekan rumah.(acw)