Inilah Hikmah Yang Terkandung Pada Adzan Subuh Yang Musti Anda Ketahui

Sholat Subuh bagi sebagian orang sangat berat untuk melaksanakannya, bayangkan saja sedang pulas-pulasnya tidur dan dalam udara yang dingin kita dipaksa untuk bangun dan membasuh wajah dan anggota tubuh lainnya dengan air yang dingin pula untuk berwudhu dan melaksanakan sholat subuh ini. Tapi bagi yang sudah terbiasa hal ini tentu tidak menjadi masalah lagi, bahkan banyak faedah yang didapatkan dalam sholat subuh yang nanti akan dibahas pada tulisan berikutnya.

 Pada kesempatan ini kami akan coba mengungkapkan rahasia yang tersembunyi dibalik adzan sholat subuh ini. Ada perbedaan adzan subuh dengan adzan-adzan pada waktu sholat yang lainnya yaitu pada kalimat  Ash shalaatu khairun minan naum yang artinya Shalat itu lebih baik daripada tidur. Ya kalimat tersebut hanya ada pada adzan sholat subuh meski bisa saja pada saat sholat lain pun mungkin ada umat Islam yang sedang tertidur. Tetapi secara logika memang pada waktu subuh tersebut hampir semua orang sedang terlelap tidur.

Penjelasan saya sederhana agar mudah dicerna oleh semua kalangan, bahwa antara pukul 3 dinihari sampai siang tekanan darah tubuh manusia mengalami peningkatan, begitu juga dengan adrenalin yang akan memicu penyempitan pada pembuluh darah. Hal ini menyebabkan sel trombosit akan saling menempel sehingga darah mudah membeku.  Oleh karena itu bila kita perhatikan dengan seksama maka terjadinya serangan jantung kebanyakan antara pukul 6 pagi sampai pukul 12 siang, karena proses penyempitan pembuluh darah sudah dimulai pada pukul 3 pagi.

Dengan bangun pada waktu subuh melakukan gerakan-gerakan sejak dimulai dari wudhu, berjalan ke masjid, melakukan sholat sunah dan gerakan lainnya akan membawa pengaruh yang baik untuk mencegah terjadinya gangguan pada kardiovaskular yang memicu terjadinya serangan jantung.

Itulah Rahasia Adzan Sholat Subuh kenapa ada kalimat Ash shalaatu khairun minan naum yang artinya Shalat itu lebih baik daripada tidur. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sekiranya Anda ingin mengkoreksi atau menambahkan dapat disampaikan melalui halaman komentar. Wassalam.(si)