KEKUATAN ARTILERI DAULAH ISLAMIYAH






  Untuk sementara Khilafah Daulah Islamiyah Miliki Senjata Perang Canggih yang tak bisa dipandang sebelah mata. Meskipun Khalifah Islam baru terbentuk pada 2003 dan muncul di Suriah pada tahun 2013, ISIS memiliki senjata canggih seperti berikut ini :
  1. Tank-55, Tank seri T-55 buatan Negara Uni Soviet merupakan bekas senjata dalam Perang Dunia II. Daulah Khilafah Islamiyah (ISIS) diperkirakan memiliki sekitar 30 tank. Meski demikian, gak diketahui seberapa baik mereka bisa menggunakannya.
  2. Tank-72, Ini merupakan Tank tempur generasi ke-2 buatan Uni Soviet. Tank ini juga dilengkapi dengan mesin sekunder dan juga senapan anti-pesawat. Diperkirakan Daulah Khilafah Islamiyah (ISIS) memiliki sekitar 5-10 tank-72.
  3. Humvee, Daulah Khilafah Islamiyah (ISIS) berhasil merebut Humvee buatan Negara Amerika Serikat saat menyerbu Mosul. Humvee diberikan AS untuk Angkatan Darat Irak. Kendaraan ini memungkinkan gerakan cepat dan efektif di medan yang kasar.
  4. AK-47, Daulah Khilafah Islamiyah (ISIS) memiliki AK-47. Senapan ini relatif murah, memiliki daya tahan yang baik, mudah dimanfaatkan, mudah didapatkan, dan juga memiliki daya bunuh tinggi.
  5. Peluncur Roket Osa M79, Daulah Khilafah Islamiyah memiliki Peluncur roket ini sangat efektif untuk versus tank dan menerobos benteng pertahanan lawan.
  6. Peluncur Granat RBG-6, Peluncur granat semi otomatis ini sangatlah ringan. Brown Moses meyakini bahwa senjata ini diselundupkan Negara Arab Saudi dari Kroasia
  7. Roket RPG-7s, Roket jenis ini juga dimanfaatkan oleh Pasukan Keamanan Irak dan juga Pasukan Kurdi Peshmerga. RPG-7s sangat ringan dan bisa dipanggul di bahu. Senjata ini bisa mencapai jarak sampai 920 meter. Daulah Khilafah Islamiyah (ISIS) juga memiliki senjata ini.
  8. Howitzer M198, Senjata ini dikembangkan oleh Angkatan Darat AS. Dengan jarak tembak sampai 14 kilometer, senjata ini bisa meluncurkan berbagai amunisi, termasuk bahan peledak tinggi ke tujuan yang berada di angkasa.
  9. Field Gun Tipe 59-1, Senjata buatan Negara Cina ini merupakan salinan dari pistol lapangan buatan Soviet M-46 M195
  10. ZU-23-2 Anti-Aircraft Gun, Senjata buatan Soviet ini juga dimanfaatkan Daulah Khilafah Islamiyah (ISIS) dalam perang saudara di Suriah dan banyak ditemukan di gudang senjata Angkatan Darat Irak
  11. FIM-92 Stinger MANPAD, Daulah Khilafah Islamiyah (ISIS) memiliki Senjata ringan yang bisa dipanggul dibahu ini disusun oleh AS dan mulai beroperasi pada 1981. MANPADS sangat efektif untuk menghancurkan helikopter dan pesawat
  12. SA-16 MANPAD, Senjata ini ampuh untuk menyerang helikopter dan jet tempur yang terbang rendah
  13. HJ-8, Rudal anti-tank ini diproduksi Cina sejak akhir tahun 1980-an. HJ-8 memiliki jangkauan operasional sampai 6. 000 meter. Senjata ini sukses versus Pasukan Arab Suriah sejak Juni 2013.
  14. Senjata mesr DShK 1938, Ini merupakan senapan mesin standar Uni Soviet selama Perang Dunia II.
  15. Jet Tempur MiG,Daulah Khilafah Islamiyah (ISIS) memiliki senjata ini setelah berhasil merampasnya dari gudang senjata di Taqaba.(sumber : www.tempo.bit)