REZIM ASSAD REBUT BEBERAPA WILAYAH DI PINGGIRAN HAMA



AHAD (31/1/2016) Pasukan rezim Suriah dilaporkan telah merebut kembali beberapa wilayah di pinggiran kota Hama. Pinggiran kota Hama direbut oleh pasukan pro-rezim yang terdri dari Angkatan Pertahanan Nasional milisi, Hizbullah Libanon dan kekuatan udara Rusia.

Desa-desa itu iala desa yang dianggap garis pertahanan pertama yaitu untuk kota Soran, Taybato al-Imam dan Mahrada, yang semuanya terletak di pinggiran utara Hama.

Penangkapan ketiga kota dipandang sebagai prasyarat yang diperlukan untuk mengambil posisi militer penting, termasuk barak Rahba Khattab, bandara militer Hama dan pintu masuk utama ke kota Hama.
Oposisi lokal mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa pasukan rezim telah mementaskan serangan di beberapa desa selama akhir pekan – termasuk Lahaya, Maarqapah, Al-Bwaida, Al-Masasnah, Al-Zlakiat dan Al-Jabeen.  Di sis lain, intensitas pemboman Rusia telah memaksa pasukan oposisi meninggalkan wilayah itu.

Jumat lalu, beberapa faksi oposisi bersenjata  melancarkan serangan simultan di utara Hama. Mereka mampu membangun kontrol sementara atas desa yang disebutkan di atas setelah membunuh puluhan tentara rezim dan menghancurkan sejumlah kendaraan rezim, termasuk tank dan pasukan lapis baja. [ds/islampos]