Jangan Lakukan 9 Hal Ini Ke Sesama Muslim Mu..

DARI Abu Hurairah dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Janganlah kalian saling dengki, saling berjualan dengan cara najasy, saling benci dan saling membelakangi. Dan janganlah kalian menjual barang di atas penjualan sebagian lainnya. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang Muslim adalah suadara bagi muslim yang lainnya, (dia) tidak menzaliminya dan mengabaikannya, tidak mendustakannya dan tidak menghinanya. Takwa itu disini (seraya) menunjuk dadanya sebanyak tiga kali). Cukuplah seorang Muslim dikatakan buruk jika dia menghina saudaranya yang Muslim. Setiap Muslim atas Muslim yang lainnya haram darahnya, hartanya, dan kehormatannya.” (HR. Muslim)

Hadits di atas menjelaskan beberapa tingginya kedudukan persaudaraan dalam Islam. Di dalamnya terdapat larangan dan perintah. Di antara perintah dan larangannya itu adalah:

1. Saling hasad
2. Saling menjual dengan cara najasyi
3. Saling membenci
4. Saling membelakangi
5. Menjual atas penjualan saudara muslim
6. Saling menzalimi
7. Saling mengabaikan
8. Saling mendustakan
9. Saling menghina



Sembilan poin di atas cukup merupakan larangan-larang terhadap saudara Muslim. Sudah seharusnya muslim satu dengan yang lainnya memahami Sembilan larangan ini. Karena dengan Sembilan larangan inilah kita akan lebih bersikap baik terhadap saudara Muslim kita. Wallahu ‘alam.(ip)